PRESS RELEASE : PELATIHAN AKSES JURNAL HMJ BPI SUKSES TERSELENGGARA

bpi.walisongo.ac.id – HMJ BPI (Himpunan Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam) selenggarakan Pelatihan Akses Jurnal yang dilaksanakan pada tanggal 11/09/2023 di Laboratorium Dakwah UIN Walisongo Semarang. Kegiatan ini dikhususkan untuk mahasiswa BPI angkatan 21 atau semester 5 dengan mengusung tema Mengoptimalkan Ketrampilan Mahasiswa BPI dalam Mengakses Jurnal di Era Digital.

       Kegiatan pelatihan ini dimulai dengan beberapa sambutan mulai dari ketua pelaksana yaitu Masduki Sidiq Tirmidzi yang mengungkapkan bahwa kegiatan ini dibuat agar nantinya para mahasiswa semester 5 ini bisa menyelesaikan tugas akhirnya dengan jalur jurnal yang lebih ringkas dan harapannya bisa lulus di semester 7. Sambutan terakhir sekaligus membuka kegiatan inti dari pelatihan ini disampaikan oleh Sekretaris Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam, yaitu Ibu Hj. Widayat Mintarsih, M.Pd. “Adanya teori dan praktik langsung oleh narasumber harapannya mahasiswa dapat mengoptimalkan dalam pengoperasian akses jurnal  dan memotivasi kalian untuk lulus dengan penerbitan jurnal” ungkapnya.

       Pada kegiatan ini diisi oleh Ibu Ulin Nihayah, S.Sos.I, M.Pd.I, selaku dosen BPI yang karyanya terindeks jurnal SINTA sangat banyak. Dalam materinya beliau mengawali dengan pembahasan terkait definisi jurnal, urgensi, cara menentukan topik, menentukan judul, keyword, menulis latar belakang, unsur-unsur metode, dan lain-lain. Selain itu, beliau juga memberikan tips dan trik untuk mengakses website jurnal yang biasanya digunakan untuk mencari referensi ilmiah. Ibu Ulin Nihayah juga memberikan sesi praktik dan konsultasi langsung terkait penggarapan artikel jurnal ilmiah. Ia juga mengajak para mahasiswa agar setelah pelatihan ini mereka mempunyai topik dan judul yang akan diteruskan untuk dijadikan sebuah karya artikel jurnal ilmiah.

       Salah satu peserta yang kami wawancarai mengungkapkan bahwa “pelatihan ini menjadi pintu gerbang awal saya dan teman-teman dalam penulisan artikel jurnal ilmiah. Ia juga menuturkan bahwa dari segi konsep sampai penyampaian materi hingga praktek sudah sangat cukup baik dan menarik, kami bisa memahami dan mengimplementasikan secara langsung” Triya (mahasiswa semester 5).

——————————————————————————————————-

BPI It’s Amazing

BPI Berkarya Nyata 

Official Akun Sosmed HMJ BPI UIN Walisongo Semarang 

Instagram : @bpiwalisongo 

Facebook: BPI Walisongo 

Website: bpi.walisongo.ac.id

Gmail : hmjbpi2018@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *